Toto, Dipilih Karena Keunggulannya

Toto, merek produk sanitasi yang telah dikenal di Indonesia karena keunggulannya. Tak heran apabila produknya tetap hadir dan terus diminati. Bahkan, banyak proyek bangunan gedung maupun rumah tinggal yang menggunakan produk tersebut. Termasuk, berbagai proyek yang dikerjakan oleh Lippo Grup, seperti Embarcadero Park yang berlokasi di Bintaro, Tangerang. Bahkan, Toto dan Lippo Grup kerjasama keduanya telah terjalin sejak lama dan berlanjut sampai saat ini. Apa saja keunggulan dari Toto sehingga dipilih Lippo Grup dalam membangun berbagai proyeknya?

Marketing Departmenet Manager PT Surya Toto Indonesia Tbk Rudianto mengatakan banyak hal yang membuat Toto unggul dibandingkan dengan merek sejenis di Indonesia. Hal tersebut berkat kehadiranya di Indonesia sejak 1977. Dengan demikian, pengalaman melayani dan memberikan produk terbaik kepada masyarakat Indonesia tercatat sudah mencapai lebih dari 38 tahun. Tak heran apaila kualitas produk mereka sudah tidak diraukan lagi. Tercermin dari kepuasan dan royalitas dari para pelanggan. "Itu dibuktikan dengan dipilihnya produk kami oleh bebagai proyek dan dari generasi ke generasi. Alasannya, karena produk kami awet dan berkualitas," ungkap dia di Jakata, belum lama ini.

Dalam menjaga kualitas, Rudianto mengatakan produk Toto harus melalui standar Jepang yang tinggi dan ketat saat produksi. Hal tersebut mengingat mereka menerapkan Japan Industrial Standart (JIS) dan memastikan produk yang keluar dari produksi merupakan barang yang berkualitas tinggi. Untuk itu, mereka tidaak segan menghancurkan produk yang tidak sesuai standar sekecil apapun demi menjaga kualitas dan tidak sampai ke tangan konsumen. Sehingga di pasaran, hampir tidak pernah dan sulit menemukan produk mereka dalam kualitas KW. Bahkan, produk mereka juga di ekspor lebih dari 35 negara di dunia.

Rudianto menjelaskan pihaknya juga memberikan pelayanan after sales service. Alhasil, kualitas produk mereka tetap terjamin meski telah di tangan konsumen. Misalnya saja kloset konsumen mengalami kerusakan, tinggal mennghubungi pihaknya dan tim pelayanan purna jual datang ke rumah kosnumen langsung. Hebatnya lagi, pelayanan tersebut tidak dipungut biaya alias gratis. Layanan tersebut tersedia sepanjang konsumen menggunakan produk mereka. Tidak hanya itu, dengan hadirnya pabrik di Indonesia otomatis spare part atau suku cadang sangat lengkap. Jadi, apabila mengalami kerusakan konsumen hanya tinggal mengganti suku cadangnya saja. Hal ini berbeda dengan produk sejenis dari Tiongkok atau impor lainnya.

"Apabila produk impor tersebut mengalami kerusakan, tentu saja harus diganti dengan satu set baru. Kalau kami hanya tingga mengganti spare partnya saja," ujar dia.

Dari segi desain, lanjut Rudianto, produk Toto juga mengikuti perkembangan jaman dan tren yang berkembang di tengah masyarakat. Untuk itu, saat ini desain yang berkembang lebih pada modern, simpel, dan minimalis. Terlihat dari bentuk bawah kloset apabila dahulu banyak lekukan dan balki, kini terlihat simpel dan minim lekukan. Tujuannya adalah selain modern tap juga mudah untuk dibersihkan dalam perwatannya, Selain itu, produk mereka juga dilengapi dengan teknologi modern yang memanjakan penggunanya. Tidak hanya unggul dari segi desain, Rudianto mengatakan produknya juga unggul dalam penghematan air. Hal tersebut sebagai komitmen dan kepedulian Toto terhadap lingkungan.

Lebih lanjut Rudianto mengatakan pabila dahulu kloset dalam flush menghabiskan 13 liter air atau sama saja dengan satu galon air untuk membilas kotoran. Kini dengan teknologi dua flush, penghematan air bisa menjadi lebih besar.

Teknologi tersebut membuat kebutuhan air bisa ditekan hingga 4,5 liter untuk buang air besar dan 3 liter buang air kecil.. Selain kloset, produk keran Toto juga berhasil menerapkan teknologi hemat air. Dahulu apabila lupa menutup ekran selama 1 menit air akan terbuang sebanyak 23 liter. Kini, dengan teknologi baru, air yang keluar dari keran bisa ditekan hanya menjadi 7 liter.

Pada kesempatan yang sama, Project Manager PT Surya Pertiwi, ditributor tunggal Toto, Wahab Suwandi SE mengatakan pihaknya telah lama menjalin kerjasama dengan Lippo Grup. Bahkan, sejak ia bergabung dengan perusahannya yaitu 1990an. Ia bahkan angkat topi kepada Lippo Grup yang tetap berkomitmen membangun proyeknya meski diterjang krisis ekonomi 1998 melanda Indonesia. Kala itu, ia bekerjasama dengan Lippo dalam membangun 3 ribu rumah di Karawaci. Hingga saat ini, pihaknya tetap menjalin kerjasama dengan Lippo. "Tidak hanya produk sanitasi dan keran, kami mendukung proyek Lippo saat ini, Tapi juga produk kitchen dan wardrobe untuk proyek yang sudah jalan, seperti di Kemang Village dan ST Moritz," paparnya.

Sementara itu, Kitchen Manager Toto Indonesia Mohdar Anwar mengatakan dalam kerjasam dengan Lippo Grup pihaknya mendapatkan pengerjaan produk merupakan permintaan khsusu yang disesuaikan denagn proyek mereka. Bahkan, beberapa permintaan ada beberapa warna khusus yang tidak ada di pasaran. Menurutnya, yang khas dari produknyaadalah bahan-bahan, terutama papanya, merupakan bahan berkualitas yang diimpor langsung dari Eropa. Bahkan, produknya memiiliki kandungan formalin yang sangat rendah dan tahan terhadap air. Tak herana pabila, produk merak juga diekspor ke berabagai negara, termasuk Amerika Serikat, Timur Tengah, dan Asia.

"Dalam kerjasama tersebut, kami mengerjakan dapur kotor di bebeapa proyek mereka. Namun, khsusu unuk presidensial dan penthouse unit masih dalam proses desain," pungkas dia.

close detail news
close detail news